Read more at http://hasbiabhi.blogspot.com/2012/12/cara-memasang-widget-animasi-bergerak.html#iS11G7UbPESj1JXT.99

Selasa, 04 Februari 2014

DERU PERUBAHAN











"Barang siapa yang mengerti zamannya, ia tidak akan terkejut lagi dengan segala sesuatu yang membingungkannya." imam ash-shadiq
  Membuka diri untuk menuju arah yang positif :
1.    Membuka mata pikiran
2.    Membuka telinga kesadaran
3.    Membuka pemahaman hati
4.    Mengontrol tindakan
5.    Menciptakan makna positif

Menurut Aa Gym ( K.H. Abdullah Gymnastiar ) perubahan memiliki rumus 3M.
1.    Mulai dari hal terkecil
2.    Mulai dari diri kita
3.    Mulai saat ini juga

Saat kita memulai memutuskan untuk berubah, saat itu pula terdapat berbagi macam reaksi dari lingkungan sekitar kita, baik reaksi yang positif maupun yang negatif tentu pasti ada. Tapi disetiap kesulitan pasti ada kemudahan , begitu janji Allah dalam al-Qur'an.
Tapi kita harus tetap percaya selama masih dalam kebenaran, perubahan yang kita lakukan akan berakhir indah.

Dalam perubahan diri hal yang pertama membuka belenggu-belenggu yang menghalangi untuk berubah. Berikut cara membuka belenggu - belenggu:

1.    Membuka Belenggu Diri
Belenggu diri merupakan efek jahat yang menghalangi kita mewujudkan harapan, menyebabkan minder dan nyaris kehilangan rasa percaya diri. Kurangi belenggu ini dengan lebih sering memberi pikiran intruksi-intruksi yang positif.

2.    Membuka Belenggu Anggapan Perilaku Buruk Orang Tua
Pribadi yang pengalaman masa kecilnya merasa tidak diperlakukan baik oleh orang tuanya, misalnya tidak didik, tidak mendapat motivasi, tidak mendapat fasilitas yang layak dsb, biasanya sering membuat perbandingan dirinya dengan orang sukses yang memiliki fasilitas total dari orang tuanya. Bahayanya akan meratap-ratap tanpa ada upaya usaha. Jangan sekali menyalahkan orang tua. Langkah terbaik, kurangi prasangka buruk terhadap orang tua, belajar menerima sesuatu. Tetaplah berjalan dengan penuh semangat.

3.    Membuka Belenggu Kebanggaan Sejarah
Banyak orang larut dalam sikap membanggakan karya gemilang pendahulunya, terjebak dalam kesombongan sejarah.cuma puas dengan kata Bapakku..., kakekku dulu..., kami keturunan..., ditempatku...
Mari berlatihlah dalam kemandirian agar dimasa depan kita benar-benar mandiri, terbebas dari bayang-bayang keberhasilan pendahulu.

4.    Membuka Belenggu Tidak Suka
Persamaan dalam kebaikan pastinya sesuatu yang mempunyai nilai positif. Tetapi, perbedaan sikap dapat dapat menjadi retaknya hubungan pertemanan. Kita dapat menjadikan perbedaan menjadi persatuan melalui. Menyadari bahwa perbedaan itu adalah takdir yang membuat kita menerima pertemanan. Berbeda latar belakang dalam mengambil keputusan bersama menjadi lebih baik.
Memaklumi orang perbuatan buruk seseorang , buka berarti membenarkan perilaku negatifnya.

5.    Membuka Belenggu Trauma
Pengalaman masa lalu yang mengerikan mungkin membuat kita trauma, bahkan harapan perlahan memudar. Jadi keyakinan harus dipertebal, keimanan adalah obat yang mujarab.

6.    Membuka Belenggu Ketakutan
Ketakutan disebabkan informasi salah yang kita terima di otak. Buang rasa ketakutan . Lalu mengolahnya di otak  agar berubah menjadi keselamatan dan membahagiakan.

7.    Membuka Belenggu Kecemasan
Cemas merupakan tembok yang menghalangi perkembangan potensi diri. Melawan kecemasan dengan menyakini bahwa bahaya pasti ada, tinggal kita bagaimana menerima.

8.    Membuka Belenggu Tatkala Cita-Cita Unggulan Tidak Tercapai
Sadarilah potensi yang kita miliki. Pada akhirnya, kita benar-benar menemukan potensi unggulan yang tidak terfikirkan sebelumnya. Yakinlah, dibalik keterbatasan ada pintu kesuksesan yang melalui jalur lain.

9.    Membuka Belenggu Kesalahan
Kita tidak pernah merencanakan kesalahan. Maka kita upayakan membebaskan diri dari belenggu kesalahan. Kita mempunyai peluang untuk itu. Kita kreasikan untuk memperbaiki diri.

10.    Membuka Belenggu Tekanan
Tekanan hidup mahaberat dapat menimpa siapa saja. Namun, jika kita persiapkan diri sejak dini, tekan mahaberat itu bisa kita lalui dengan jiwa tenang. Bukankah falsafat air mengajarkan kita untuk bergerak dan mengalir. Jika dibendung, akan selalu merembes dan mencari jalan keluar.

11.    Membuka Belenggu Instan
Buang jauh-jauh keinginan untuk mendapatkan sesuatu seca instan. Ketentraman jiwa diperoleh dengan kesabaran dalam menjalani proses sejarah kita masing-masing

12.    Membuka Belenggu Antusias Menjadi Pemimpin
Bukan profesi yang menjadi ukuran. Hidup selalu berputar. Yang membahagiakan hati dan pikiran adalah semangat juang dan terus berjuang dengan sikap ksatria, kemudian makin profesional dan ikhlas.

13.    Membuka Belenggu Kemalasan
Musuh terbesar orang sukse adlah ras malas. Kita sendirilah yang mengetahui bagaiman mengusir belenggu kemalasan dihati kita. Usirlah kemalasan dengan sentuhan motivasi.


Deru perubahan diri menjadi lebih baik ( insya allah )
sumber: nihwan sumuranje.2012.the spirit of succes jalan meraih mimpi.tinta media.solo

Tidak ada komentar:

Posting Komentar